Selasa, 03 Januari 2012

bencana banjir

Bencana Banjir
Banjir merupakan peristiwa dimana meluapnya air dari saluran air menuju daratan yang membuatdaratan tergenang air. hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu seperti curah hujan yang tinggi, saluran air yang tersendat, kecilnhya gorong-gorong, serta banyaknya orang-orang yang membuang sampah ke sungai atau ke kali. Hal yang paling sangat mengecewakan yaitu karena ulah manusia itu sendiri yang tidak pernah memikirkan keadaan lingkungannya sendiri.
Banjir sering datang saat musim hujan, dimana curah hujan yang sangat tinggi dan banyaknya sampah atau endapan lumpur yang ada diselokan atau kali. Ini semua dapat menyebabkan meluapnyanya air dari sungai sehingga menimbulkan banjir. Banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami. Meski kerusakan akibat banjir dapat dihindari dengan pindah menjauh dari sungai dan badan air yang lain, orang-orang menetap dan bekerja dekat air untuk mencari nafkah dan memanfaatkan biaya murah serta perjalanan dan perdagangan yang lancar dekat perairan. Manusia terus menetap di wilayah rawan banjir adalah bukti bahwa nilai menetap dekat air lebih besar daripada biaya kerusakan akibat banjir.
Dalam hal in i pemerintah seharusnya lebih disiplin dalam menyelesaikan bencana yang hampir setiap musim hujan datang terjadi. Seharusnya pemerintah memberikan sangsi bagi orang-orang yang mendirikan bangunan didekat kali tau sungai, atau orang-orang yang membuuang sampah ke selokan atau kali, karena itu semua merupakan unsur utama yang paling sering dalam menimbulkan banjir.
Banjir mempunyai dampak yang sangat besar, yaitu dapat menghilangkan harta benda kita yang ikut terseret banjir, serta dapat merenggut nyawa seseorang. Semua orang pasti tau akan akibat semua ini, namun kenapa masih saja ada orang-orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Lalu kenapa setiap orang malah menyalahkan pemerintah yang dianggap tidak mampu dalam menyelesaikan permasalahan ini.
Merasa kesal jika orang-orang terus menyalahkan pemerintah, padahal pemerintah sudah melakukan hal yang harusnya mereka lakukan, namun jika tidak ada kesadaran dari diri manusia tersebut maka bencana ini akan terus berlangsung sampai kapanpun jika setiap orang hanya memikirkan kepentingan sendiri di bandingkan dengan kepentingan lingkungan sekitar.
Mari kita berbenah diri, saling gotong-royong dalam mewujudkan lingkungan yang aman, bersih, dan terbebas dari banjir. Kalo bukan berawal dari diri kita sendiri, dan kita benahi negara kita agar negara ini terbebas dari bencana banjir.

 sumber ; pemikiran sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar