Senin, 02 Januari 2012

laporan keuangan

Laporan keuangan
Karakteristik yang paling penting dalam akuntansi ialah pengidentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian tentang informasi keuangan. Akuntansi keuangan yaitu pembuatan laporan keuangan suatu perusahaan atau lembaga tertentu secara menyeluruh yang akan digunakan baik oleh pihak internal atau eksternal. Sedangkan akuntansi manajerial yaitu proses pengidentifikasian, pengukuran, penganalisisan, dan pengkomunikasian informasi keuangan yang dibutuhkan manajemen untuk merencanakan, mengendalikan, serta mengevaluasi transaksi yang terjadi dalam organisasi.
Hal-hal yang disajikan dalam laporan keuangan yaitu neraca, laporan laba-rugi, laporan arus kas, laporan ekuitas pemilik atau pemegang saham.
Tujuan pelaporan keuangan :
1.      Informasi yang berguna bagi keputusan investasi dan kredit
2.      Informasi yang berguna dalam menilai arus kas masa depan
3.      Informasi mengenai sumberdaya perusahaan, klaim terhadap sumber daya tersebut, dan perubahannya.
Prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum
            Prinsip akuntansi yang diterima umum yaitu GAAP yang memiliki dukungan otoritatif yang substansial. Code Of Professional Conduct dari AICPA mewajibkan para anggotanya membuat laporan keuangan yang sesuai dengan GAAP. Secara khusus Rule 203 dari Code ini melarang seseorang anggota mengekspresikan pendapat bahwa laporan keuangan telah sesuai dengan GAAP jika laporan tersebut menyimpang secara material dari perinsip akuntansi yang diterima umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar